Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Pemkab Takalar kerjasama Yayasan LPK Shin Indonesia Rekrut Pemuda Pemudi Takalar sebagai Calon Peserta Magang di Jepang

TAKALAR, JKnews.id – Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad.M.Dev,.Plg didampingi Kepala Dinas Koperasi dan Tenaga Kerja Kab. Takalar Hj. Ni’ma Kasim menerima kunjungan dari Yayasan LPK Shin Indonesia di Ruang Kerja Bupati, Sabtu 4 Mei 2024.

Ketua yayasan LPK Shin Indonesia Samsuri menjelaskan tujuan kedatangannya ke takalar untuk menjalin kerjasama dengan pemerintah kabupaten takalar untuk merekrut dan mendidik pemuda pemudi takalar sebagai calon peserta magang ke jepang.

“Yayasan LPK Shin Indonesia bergerak dibidang Pendidikan Pelatihan Bahasa Budaya Jepang dan selaku penyelenggara program pemagangan luar negeri khususnya jepang. Dan menyikapi perkembangan program pemagangan ke jepang serta untuk memenuhi kuota permintaan peserta magang ke jepang yang ada saat ini. Kami ingin menjalin kerjasama dengan pemerintah kab. Takalar dalam hal merekrut dan mendidik pemuda pemudi takalar sebagai calon peserta magang ke jepang”. Jelasnya.

Pj. Bupati Takalar dalam sambutannya sangat menyambut baik kerjasama ini, tentunya dengan kerjasama ini menjadi kesempatan bagi pemuda takalar untuk mengembangkan bakatnya diberbagai bidang.

“Sebelum perekrutan, tentunya pemuda kita harus diberikan pelatihan dan keterampilan terlebih dahulu melalui Balai Latihan Kerja” ujarnya.

Ia menambahkan, ada beberapa asosiasi perusahaan berbasis pertanian, takalar yang notabene sebagian masyarakatnya adalah petani sehingga sudah ada pengetahuan dibidang pertanian. Dan untuk mempercepat pertanian ditakalar kita meminta kepada PTPB 100 ribu hektar untuk diolah oleh masyarakat, namun kita memiliki sedikit kelemahan pertanian ditakalar yakni karena musiman.

“Tentunya jika perusahaan jepang ada di takalar membuat anak-anak di takalar dapat mengembangkan usahanya, dan ketika sudah memiliki keahlian tentunya dengan mudah target magang dapat dilakukan.”Tambahnya

Saat ini sudah ada 14 asosiasi di jepang yang meminta ke yayasan shin indonesia untuk penyediaan tenaga kerja yang terampil.

Kadis koperasi dan tenagakerja Kab. Takalar Hj. Ni’ma Kasim menyampaikan bahwa sebelumnya kita akan melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat dan tentunya dari LPK Shin akan memaparkan terkait program tersebut di hadapan Forkopimda Kab. Takalar. Kegiatan tersebut rencananya akan dilaksanakan bersama dengan kegiatan pemeran produk SMK.

“insya Allah kegiatan tersebut dilaksanakan pada bulan juni yang akan datang. Kegiatan sosialisisasi dan perekrutan akan dilakukan dalam bentuk JOB Fair” jelasnya

Untuk persiapan kerjasama akan di lakukan secepatnya penandatangan
Mou antara pemerintah daerah Kab. Takalar dengan pihak LPK SHIN

Selanjutnya akan di laksanakan seleksi bagi alumni SMA/SMK dan masyarakat umum untuk di diklatkan selama 6 bln untuk nanti dikirim ke jepang.(hms)

JEJAK TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

JEJAK TERBARU

JEJAK TRANDING

JANGAN LEWATKAN

All