Rabu, Juli 24, 2024
spot_img

Tokoh Masyarkat Yang Berusia Sekitar 100 Tahun Ini Ekspresikan Wajah Bahagia Saat Bertemu Kembali Dengan Ilham Azikin

Bantaeng – Muhammad alias Hama adalah tokoh masyarakat di Kampung Panjang di Desa Bonto Tappalang, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng.

Dia dipercaya sebagai salah seorang yang dituakan di daerah itu. Sebagian besar warga dikampung itu selalu mendengar petuah dari Hama.

Dia tidak bisa menahan rasa harunya saat bertemu dengan Bupati Bantaeng periode 2018-2023, DR Ilham Azikin di Desa Bonto Tappalang, Kabupaten Bantaeng. Jum’at, (21/062024).

Meski pandangannya sudah rabun, pria yang diperkirakan berusia lebih dari 100 tahun ini tetap mengenal dengan baik suara Ilham Azikin.

Hari itu, Hama langsung memeluk Ilham Azikin. Dia terharu, karena bisa bertemu dengan cucu dari H Solthan, yang merupakan Bupati Bantaeng periode 1966-1971.

“Syukur ma itu, masih panjang umur ku. Masih bisa ketemu lagi dengan kita,” kata Hama dengan dialek lokal Bantaeng.

Pertemuan Ilham Azikin dengan Hama bukanlah yang pertama kalinya. Keduanya sudah saling akrab. Saking akrabnya, Hama tidak segan untuk meminta hal-hal kecil kepada Ilham Azikin. Misalnya, meminta rokok, atau meminta rokoknya dibakarkan oleh Ilham Azikin.

Dalam pertemuan itu, Ilham Azikin dan Hama bercerita banyak tentang berbagai hal. Mulai tentang perkebunan dan pertanian kopi, sampai kisah tentang masa muda Hama.

“Saya dulu masih muda memang mi na masuk tantara Jepang di Indonesia,” kata dia.

Dalam pertemuan itu, Ilham Azikin mendoakan Hama agar terus diberikan Kesehatan dan umur yang panjang. Dia mengingatkan Hama untuk senantiasa menjaga Kesehatan, tidak bekerja terlalu berat.

“Jangan ki terlalu capek. Jaga kesehatan ta, supaya bisa ki ketemu terus,” kata Ilham Azikin.

Ilham Azikin juga mengajak Hama untuk mengajak semua masyarakat di kampung itu menjaga kedamaian yang ada di kampung.

Dia berharap, Hama bisa membantu membangun kebersamaan di kampung itu.

Hama juga mendoakan Ilham Azikin untuk bisa memimpin kembali di Bantaeng.

Dia berharap Ilham Azikin bisa terus memberikan kebaikan di Bantaeng seperti yang dilakukan oleh Kakek dan Bapaknya di daerah ini.

“Semoga sehat ki selalu. Kembali memimpin di Bantaeng,” kata Hama kembali dalam bahasa lokal Bantaeng.

Bantu Pembangunan Masjid

Dalam kunjungannya di Bonto Tappalang, Ilham Azikin juga mendatangi sebuah masjid di desa itu.

Masjid itu bernama masjid Nurul Jamaah. Masjid ini dalam proses rehablitasi. Untuk pertama kalinya, masjid ini digunakan untuk salat Jumat berjemaah.

Dalam kesempatan itu, Ilham Azikin ikut membantu pembangunan masjid itu. Dia juga turut memberi beberapa property untuk masjid itu. Di antaranya adalah mimbar dan jam digital.

“Saya bantu perbaikan dindingnya. Ada juga mimbar sama jam digital saya kirim ke sini,” kata Ilham Azikin kepada jamaah masjid tersebut.

Ilham Azikin dalam kesempatan itu berterimakasih telah diberikan ruang untuk bertemu masyarakat di Desa Bonto Tappalang.

Dia berharap, masjid itu bisa terus dimakmurkan.

Ilham Azikin juga meminta kepada seluruh pengurus masjid untuk senantiasa menjaga kedamaian dan kebersamaan di kampung tersebut.(**)

JEJAK TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

JEJAK TERBARU

JEJAK TRANDING

JANGAN LEWATKAN

All