Sabtu, April 20, 2024
spot_img

Tim Perancang Perundangan Kanwil Bahas Ranperbup dan Ranperda Kabupaten Wajo

Jejakkasusnews.id – Tim Perancang Perundangan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Selatan (Kanwil Kemenkumham Sulsel) menggelar rapat harmonisasi Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dan Rancangan Peraturan Bupati (Ranperbup) Kabupaten Wajo.

Rapat tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) pada Senin (10/04/23).

Perancang Muda Kanwil Syarif dalam sambutannya mengatakan pelaksanaan rapat harmonisasi mulai tahun 2023 akan membahas dari aspek judul, batang tubuh, pasal per pasal, hingga lampiran sehingga rapat ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Hal ini sesuai dengan arahan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadiv Yankum HAM) Hernadi.

Lanjut Syarif, tim harmonisasi kanwil dalam pelaksanaan rapat ini mengalami perubahan yang semula “Tim Zonasi Perancang” menjadi “Tim Kelompok Kerja (Pokja) Perancang”.

Dengan berubahnya tim tersebut, pembahasan dalam rapat ini akan lebih substansif, rinci, dan menyeluruh.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wajo Armayani mengucapkan terima kasih kepada Tim Perancang Perundangan Kanwil yang telah memenuhi permintaan Jajaran Pemkab Wajo untuk menyelesaikan Ranperda dan Ranperbup tersebut.

Armayani kemudian menjelaskan rapat ini membahas 2 (dua) hal, yaitu: 1) Ranperbup Teknis pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan Gaji ke-13 bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan 2) Ranperda Tata Cara Penyelenggaraan Cadangan Pangan Pemerintah Daerah Kab Wajo.

“Setelah pelaksanaan harmonisasi ini, Ranperda dan Ranperbup tersebut nantinya akan ditindaklanjuti oleh tim panitia khusus (pansus) pada Pemerintah Daerah Kab Wajo,” ujar Armayani.

Armayani berharap rapat harmonisasi pada hari ini dapat dilaksanakan sesuai dengan tahapan mekanisme yang ada.

Hadir dalam rapat ini Kepala Sub Bidang Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah (FPPHD) Kanwil Ayusriadi, Jajaran Perancang Perundangan Kanwil, Jajaran Analis Hukum Kanwil, Kepala Bagian Hukum Kab Wajo A Elvira, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kab Wajo H Dahlan, Kepala Bidang Ketahanan Pangan pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kab Wajo Andi Tenriangka, Jajaran Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kab Wajo, dan Jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Wajo.

JEJAK TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

JEJAK TERBARU

JEJAK TRANDING

JANGAN LEWATKAN

All