Selasa, Juni 25, 2024
spot_img

Tiga Narapidana Lapas Kelas IIA Maros Kabur, Diduga Dilepas Secara Diam-Diam

JEJAKKASUSNEWS.idMAKASSAR. Tiga Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Maros berhasil kabur.

Kuat dugaan, ketiga narapidana ini dilepas secara diam-diam pada hari Minggu pagi, (11/12/2022) Pukul 06.30 WITA.

Diduga petugas lalai saat pengamanan yang mengakibatkan WBP mengambil kesempatan untuk kabur.

Berdasarkan informasi yang didapatkan, petugas jaga saat itu sedang mengantuk saat selesai membuka pintu blok tahanan Lapas Maros. Kabarnya para petugas begadang nonton bola piala dunia saat penjagaan.

Nama ketiga WBP yang kabur yakni Astaldy alias Aco bin Nasrullah (18) pidana perlindungan anak, Yunus bin Abu (17) pidana perlindungan anak dan Saldi bin Sakka (17) Pidana KUHP Pencurian.

Kepala Pengamanan Lapas Maros (KPLP) Apdila saat dikonfirmasi menerangkan kronologisnya ketiga WBP yang kabur melalui penjagaan pos 1 pengamanan.

“Saat pintu blok dibuka pukul 06.00 wita, disitulah ketiga narapidana ini ambil kesempatan memanjat dinding blok melalui penjagaan pos 1. Terus ketiganya memanjat dinding Lapas dengan memakai kayu yang ada didinding Lapas tersebut” jalas Apdilla saat dikonfirmasi melalui via telfon whatsaap. Minggu siang, (11/12/2022).

Saat awak media melontarkan pertanyaan terkait WBP yang kabur, para petugas ada dimana? Dan kenapa bisa lolos?. Apdila menjawab: “Petugas yang menjaga ada di pos masing namun entah kenapa ketiga WBP bisa lolos di pos jaga 1 dan memanjat dinding yang tinggi itu, penjaga yang standbay dilayar pengawasan kamera ada ditempatnya,” ujar Apdillah.

Perlu kita ketahui, kurangnya ketegasan dan kedisiplinan para petugas Pengamanan Lapas sehingga kejadian tersebut terjadi dan perihal ini dikarenakan sudah kesikian kalinya terjadi WBP kabur didalam Lapas Maros.

Ditempat yang berbeda Kalapas Maros Mildar yang dikonfirmasi melalui via telfon whatsaap menerangkan saat ini beliau sedang menuju ke alamat WBP yang kabur di Kabupaten Barru dan di Kabupaten Palopo.

“Setelah mendapatkan informasi dari KPLP saya lansung bergerak ke Barru dan Palopo untuk menginformasikan kepada orang tuanya,” kata Kalapas.(**)

Lp ; P R M G I

JEJAK TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

JEJAK TERBARU

JEJAK TRANDING

JANGAN LEWATKAN

All