Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Satreskrim Polres Bulukumba Tetapkan BH Sebagai Tersangka Pelaku Pembunuhan Sadis

Jejakkasusnews.idBulukumba. Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Bulukumba, resmi menetapkan BH alias B (53) warga Dusun Batu Karambu, Desa Batu Lohe, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba sebagai Tersangka kasus dugaan pembunuhan atau penganiyaan yang mengakibatkan meninggalnya seseorang.

Peristiwa dugaan penganiayaan dan pembunuhan ini terjadi di Dusun Batu Karambu, Desa Batu Lohe, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, pada Minggu (31 Desember 2023), sekitar pukul 05.00 Wita pagi hari.

Korban dalam peristiwa ini yakni S (52) warga Dusun Batu Karambu, Desa Batu Lohe, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba.

“S menjadi korban penganiyaan dan pembunuhan yang dilakukan oleh tersangka BH alias B dan keduanya masih memiliki hubungan keluarga yakni saudara ipar,” ungkap Kasat Reskrim Polres Bulukumba, Akp Abustam.

Kasat menambahkan bahwa korban S diketahui meninggal dunia ditempat kejadian dengan mengalami beberapa luka berat hingga lengan kanan korban terputus akibat tebasan parang pelaku.

“Usai melakukan penganiayaan dan pembunuhan tersebut, pelaku BH alias B langsung mengamankan diri di Polsek Bulukumpa Polres Bulukumba,” kata Kasat.

Selanjutnya kata Kasat Abustam, untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, terduga pelaku BH alias B langsung di bawa ke Polres Bulukumba guna proses penanganan hukum selanjutnya.

“Keluarga korban juga telah melaporkan kejadian tersebut pada Minggu (31 Desember 2023) sekitar Pukul 10.09 Wita di SPKT Polres Bulukumb,” jelas Kasat Abustam.

Kasat Reskrim Polres Bulukumba Akp Abustam SH MH menyampaikan bahwa setelah menerima Laporan Polisi (LP) tersebut, Penyidik bergerak cepat melakukan proses pemeriksaan saksi-saksi dan terduga pelaku pada hari itu juga.

“Kasusnya langsung di tangani oleh Penyidik Unit Pidana Umum (Pidum) Satreskrim Polres Bulukumba,” Kasat Reskrim pada Rabu (3/1/2024).

Setelah Penyidik memeriksa saksi-saksi dan terduga pelaku BH alias B, tidak menunggu lama Polisi kemudian melanjutkan gelar perkara dan kasus tersebut dapat dilanjutkan ke tahap penyidikan dan gelar penetapan tersangka.

“Setelah dilakukan pemeriksaan saksi-saksi dan terduga pelaku, kemudian dilakukan gelar perkara dan hasil gelar perkara menetapkan tersangka pada Minggu (31 Desember 2023) sekitar pukul 16.30 Wita,” ungkap Kasat Reskrim.

Kasat Reskrim menjelaskan, kasus dugaan penganiayaan dan pembunuhan ini, alat buktinya sudah terpenuhi.

“Penyidik juga telah mengamankan barang bukti yang digunakan terduga pelaku yakni sebilah parang, sepeda motor korban dan pakaian yang dipakai korban saat kejadian,” jelas Kasat Abustam.

“Alat bukti yaitu keterangan saksi dan pengakuan terduga pelaku sudah berkesesuaian, hasil visum et revertum, serta menyita barang bukti yang digunakan berupa sebilah parang, sepeda motor korban dan pakaian yang dipakai korban saat kejadian,” kata Kasat.

Kasat Reskrim menyampaikan bahwa BH alias B dijerat pasal 340 KUHPidana, Subsider 338 KUHPidana, lebih Subs 354
KUHPidana ayat 2 dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara atau pidana mati.

“Tersangka BH alias B diancam hukuman 20 tahun penjara dan pidana mati dan saat ini telah resmi ditahan di rumah tahanan (Rutan) Polres Bulukumba,” kata Kasat Reskrim

Dari keterangan tersangka, BH juga mengakui perbuatannya melakukan penganiayaan terhadap korban dengan cara menebas lengan korban yang masih berada diatas kendaraan, setelah itu menebas bagian pelipis kanan dan kembali menebas tangan kiri korban.

“Terkait motifnya, tersangka melakukan penganiayaan dan pembunuhan tersebut dilatarbelakangi permasalahan keluarga, yakni tersangka tidak terima hasil pembagian harta warisan hingga pelaku merencanakan pembunuhan tersebut,” pungkas Kasat Reskrim Akp Abustam.

*(Humas Polres Bulukumba).

JEJAK TERKAIT

JEJAK TERBARU

JEJAK TRANDING

JANGAN LEWATKAN

All