Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Propam Polda Sulsel Tetap Tegas Lakukan Pemeriksaan Terhadap Oknum Jantanras Polrestabes Makassar, Walupun Berujung Damai

Jejakkasusnews.id | Makassar – Rumor perampasan ponsel dan intimidasi penghapusan Video serta Gambar hasil liputan, berujung manis dengan saling memaafkan antara pihak Jatanras Polrestabes Makassar dan Wartawan.

Akan tetapi proses hukum tetap berlanjut di Unit Propam Polda Sulawesi Selatan. Senin, (19/06/2023).

Ketua Umum Poros Rakyat Media Group Indonesia (Ketum PRMGI) Iksan Mapparenta Dg Tika mengatakan bahwa damai itu hak prerogatif wartawannya.  Tetapi tindakan menghalangi kerja wartawan/Jurnalis tetap di proses, dimana harga diri profesi kita, kalau tidak dilakukan proses kepada oknum tersebut maka kedepannya akan terjadi hal yang serupa.

“Oleh karena itu kepada Propam Polda Sulsel agar lebih tegas kepada oknum anggota polisi yang merasa dirinya hebat, apalagi arogan, apalagi sudah jelas di atur dalam undang-undang UU Pers No 40 tahun 1999 pasal 18 Ayat(1),” jelas Ikhsan.

“Setiap orang yang secara sengaja melawan hukum dengan melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 Ayat(2) dan Ayat(3) di Pidana dengan Pidana Penjara Paling lama 2(dua) Tahun penjara atau denda paling banyak 500.000.000.00.- (Lima Ratus Juta Rupiah),” tegas Dg Tika, Ketua PRMGI.

Kanit Jatanras Polrestabes Makassar Iptu Fachrul saat dikonfirmasi menjelaskan, bahwa penggerebekan semalam juga bukan judi sabung ayam, melainkan lokasi training ayam bangkok.

Dirinya juga berharap kedepan agar insiden perampasan ponsel tidak lagi terjadi akibat kesalah pahaman, dan mewakili Sat Jatanras Polrestabes, Iptu Fachrul meminta maaf atas kejadian tersebut kepada rekan pewarta,

“Kami berharap untuk tidak lagi ada terjadi intervensi antara profesi masing masing dan untuk selalu bersinergi dalam keadaan apapun,” terang Kanit Jatanras.

Menanggapi hal tersebut Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Komang Suartana, saat di konfirmasi melalui via whatshap menyarankan agar anggota yang melakukan sikap arogan agar segera di laporkan.

“Silahkan Laporkan Anggota kami yang Arogan,” ucapnya dengan singkat.

Sementara propam polda (paminal) sulsel saat di konfirmasi melalui pesan singkat Via Whatshap mengatakan bahwa akan melakukan pemanggilan terhadap oknum yang melakukan intimidasi dan menghalangi kerja wartawan,”ucapnya(red).

Lp ;  (IMDT)

JEJAK TERKAIT

JEJAK TERBARU

JEJAK TRANDING

JANGAN LEWATKAN

All