Selasa, Juni 25, 2024
spot_img

LSM LIPAN INDONESIA Apresiasi Program Inovasi Sahabat Stunting di Kabupaten Sidrap

Sidrap/JEJAK KASUS NEWS.ID–Ketua Umum LSM Lipan Indonesia Muh Natsir Azis sering disapa Tetta Joa mengapresiasi serta mendukung Program Inovasi Sahabat Sunting yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sidrap, program ini diprakarsai serta dibimbing langsung oleh Bapak DR. Ns H. BASRAH S.Kep MSi. Selaku kepala Dinas Kesehatan yang juga Selaku Pejabat Sekertaris Daerah Kab Sidrap.

Menurut Nasir Azis program inovasi sahabat Stunting ini adalah suatu program pendampingan untuk menurunkan jumlah bayi yang mengalami gangguan pertumbuhan. Gangguan pertumbuhan ini disebut Stunting. Penanganan pasien balita Sunting Ini sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang percepatan penanganan stunting.

Ditempat terpisah Bapak Dr Ns H. Basrah S.Kep M.kes menjelaskan bahwa program Inovasi Sahabat stunting ini adalah penjabaran dari Peraturan Presiden, sahabat Stunting telah melakukan pendampingan di 10 Desa dari 106 desa yang ada di kab sidrap . Pendampingan sahabat Stunting ini sudah berjalan kurang lebih dari 2 Bulan yaitu di bulan Agustus dan september tahun 2022 dan alhamdulillah dari data yang saya terima dari sahabat stunting, ada sekitar 3.762 Balita, ini hanya jumlah balita untuk 10 desa dan Balita yang mengalami Stunting atau keterlambatan pertumbuhan ada sekitar 368 Balita, 368 balita ini telah mendapatkan pendampingan serta tindakan dalam pelayanan kesehatan sehingga kesehatannya bisa pulih kembali.

Alhamdulillah anak yang mengalami Stunting selama dua bulan dari 368 balita menurun menjadi 294 balita jadi telah berkurang sebanyak 74 Balita. Ini satu prestasi pencapaian yang sangat luar biasa, hanya dalam jangka waktu 2 bulan Tim Inovasi sahabat stunting mampu mengurangi 74 Balita yang mengalami Stunting.

Inovasi sahabat Stunting ini akan terus bekerja dan berusaha semoga di tahun 2027 program inovasi Sahabat Stunting ini mampu menuntaskan Balita stunting yang ada di kabupaten Sidrap. Ungkapnya

Ketua Umum Lipan indonesia sangat mendukung dan mengapresiasi program Inovasi sahabat Stunting yang diprakarsai oleh Bapak DR NS H. BASRAH S.Kep M.Kes. kami menganggap bahwa inovasi sahabat Stunting ini adalah terobosan baru yang harus didukung serta diberi sport oleh pemerintah daerah kabupaten Sidrap, kami selaku lembaga kontrol sosial di tengah masyarakat akan melakukan Edukasi kepada masyarakat Sidrap serta mengingatkan masyarakat sidrap bahwa betapa pentingnya penanganan kesehatan bagi ibu hamil secara dini untuk mencegah lahirnya bayi yang mengalami Stunting. Ketua umum berharap dengan Inovasi Sahabat Stunting ini kesehatan balita di kabupaten Sidrap bisa jauh lebih baik.

Laporan AnthiJoey

Lhola/Media Group Poros Rakyat

JEJAK TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

JEJAK TERBARU

JEJAK TRANDING

JANGAN LEWATKAN

All