Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Laskar Monta Bassina Kerajaan Gowa Diresmikan, Siap Melestarikan Adat Dan Budaya Di Gowa

Gowa/JEJAK KASUS NEWS.ID- Setelah resmi, laskar monta bassina Kerajaan Gowa, bersilaturahmi ke kediaman Raja Gowa yang ke – XXXVIII, Andi Kumala Idjo Daeng Sila Karaeng Lembang Parang, di kompleks perumahan sejahtera permai, Somba Opu, selasa (04/10/2022).

Dalam kunjungan silaturahmi ini, dihadiri lansung oleh Ketua Tuang Guru MR Alimin Yasin, salah satu dewan pembina, Yusuf mone, perwakilan dari Kesbangpol Pemprov, Andi Ikbal, ketua wilayah III PIN RI, H.Mustajab, pasukan Adat punggawa, serta pengurus inti dan anggota laskar monta bassina Kerajaan Gowa.

 

Perlu diketahui bersama bahwa laskar monta bassina Kerajaan Gowa dihimpun oleh pelestarian adat dan budaya Gowa.

Dimana kehadiran dari laskar ini menuai apresiasi dari ormas-ormas, penggiat budaya, serta para kelompok pemuda. Sehingga hal ini menjadi dasar agar laskar tersebut bisa hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai salah satu wadah untuk mempertahan dan melestarikan budaya.

Raja Gowa yang ke – 38, Andi Idjo Karaeng Lembang Parang juga turut mengapresiasi hadirnya laskar ini, hal itu diketahui setelah Yang Mulia Paduka Raja memberikan sambutan dan penyampaian dalam kunjungan silaturahmi tersebut.

Andi Idjo Karaeng Lembang Parang dalam sambutannya menyampaikan bahwa terbentuknya laskar monta bassina ini tentu sangat menggembirakan disamping dalam hal pelestarian adat dan budaya.

” Tentu kedepannya eksistensi dari laskar ini terkait dengan sifat sipakatau, sipakalabbiri’, sipakainga, sipappaccei tentu juga harus dikedepankan, karena sifat-sifat ini merupakan jati diri orang Gowa ” tambahnya dengan tegas dan berprinsip.

Dalam pertemuan istimewa ini juga, prinsip-prinsip serta pesan-pesan moral yang disampaikan oleh orang nomor 1 di Kerajaan Gowa ini mampu membakar semangat dan sangat memotivasi para anggota laskar yang ada.

Hal ini nampak disetiap penghujung kalimat yang disampaikan oleh Raja Gowa, disambut dengan teriakan oleh para tamu yang ada, hal itu diisyaratkan sebagai simbol bangkitnya semangat.

Yusuf Mone yang merupakan salah satu dewan pembina, disesi selanjutnya, menyampaikan kebanggannya dan rasa bahagiahnya setelah mendengar Raja Gowa menyampaikan sambutannya.

” Apa yang disampaikan oleh Paduka Raja tadi merupakan sebuah kebenaran dan sangat membakar semangat kami semua, juga menjadi motivasi bagi saya sendiri tentunya teman-teman sekalian, semoga ini menjadi dasar bagi kita agar laskar monta bassina bisa berjalan sesuai dengan arah dan tujuan yang benar “, tuturnya dengan penuh semangat.

Tak ketinggalan juga, disisi lain, ketua laskar monta bassina, Alimi Yasin, menerangkan bahwa pesan-pesan yang disampaikan oleh Paduka Raja tentunya menjadi pesan moral untuk kita semua, ini sebuah kehormatan, ini sebuah kebanggaan kita semua karena Yang Mulia sangat mendukung kehadiran kita ini.

” Saya harap, mari kita memegang teguh tanggung jawab ini, agar laskar monta bassina bukan hanya sekedar nama, bukan hanya sekedar organisasi, namun laskar monta bassina ini menjadi terdepan dalam menjaga dan melestarikan adat dan budaya Kerajaan Gowa ini”, tuturnya dengan penuh keyakinan, membakar kembali semangat para tamu yang ada.

Diakhir kunjungan silaturahmi yang begitu luar biasa ini, kembali Raja Gowa yg ke – 38, Andi Kumala Idjo Daeng sila, menitipkan pesan dan harapan kepada seluruh keanggotaan laskar monta bassia.

“peran dari laskar monta bassina Kerajaan Gowa, mampu memberikan pencerahan kepada masyarakat, utamanya para generasi milenial agar senantiasa menjaga dan melestarikan adat dan budayanya. Serta memberikan pemahaman-pemahaman bahwa apa itu sih, sipakatau, sipakalabbiri ? Karena saya lihat nilai-nilai itu sudah mulai begeser, oleh karena itu tanggung jawab kita bersama, termasuk didalamnya monta bassia”, tuturnya dengan penuh tenang dan penuh harap.

Laporan : Lhola/Media Group Poros Rakyat Indonesia

JEJAK TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

JEJAK TERBARU

JEJAK TRANDING

JANGAN LEWATKAN

All