Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Lapas Kelas IIB Takalar Gelar Sosialisasi Penyuluhan Kesehatan Mental Bagi WBP

Takalar | Jknews.id – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Takalar optimalkan layanan kesehatan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Layanan Kesehatan bukan hanya pemeriksaan Fisik saja yang tersedia, layanan Kesehatan Mental juga dihadirkan untuk para Warga Binaan, Rabu 06/03/2024.

Kegiatan Penyuluhan Kesehatan tentang Pencegahan dan Penanganan Depresi yang digelar oleh Kalapas Takalar Ashari dan menghadirkan dokter keperawatan dari RSUD Padjonga Dg Ngalle dr. Noerachmi, Sp.KJ

Dok. Kalapas Takalar Ashari dan menghadirkan dokter keperawatan dari RSUD Padjonga Dg Ngalle dr. Noerachmi, Sp.KJ

Puluhan warga binaan pemasyarakatan mengikuti penyuluhan kesehatan mental dengan tema”Peningkatan Pelayanan Kesehatan Jiwa” dengan tujuan untuk dapat meningkatkan kualitas hidup dan motivasi diri sendiri.

Kepala Lapas Kelas IIB Takalar Ashari mengatakan bahwa untuk memberikan layanan kesehatan mental dengan rutin maka perlu dilaksanakan Penyuluhan, seminar kesehatan mental maupun bimbingan konseling.

“Bagi WBP untuk merilekskan tubuh dan pikiran menuju hypnosis perlu menanamkan anchor self hypnosis dengan cara menutup mata dan memberikan sugesti yang positif agar memberikan sugesti untuk meniatkan rileksasi dirinya” ujarnya.

Selain itu, dr. Noerachmi, Sp.KJ menjelaskan dengan cara memberikan teknik EFT (emosional fredome technique) dan cara menepuk atau mengetuk titik ditubuh dan wajah, manfaat EFT sendiri adalah menghilangkan kecemasan, sress dan trauma masa lalu.

“Sosialisasi ini kami lakukan di Lapas karena pertama angka penderita gangguan jiwa semakin meningkat, kedua orang-orang yang berada didalam Lapas kemungkinan besar mengalami masalah kesehatan mental”jelasnya.

Lp ; Ops (PRMGI)

JEJAK TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

JEJAK TERBARU

JEJAK TRANDING

JANGAN LEWATKAN

All