Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

KKN Universitas Muhammadiyah Bulukumba di Desa Bukit Tinggi, Realisasikan Program Kerja Pengolahan Limbah Menjadi BBM

JKN.idBulukumba. Kelompok Mahasiswa dan Mahasiswi yang tergabung dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Bulukumba, merealisasikan Program Kerja Pengolahan Limbah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak. Rabu, 24 April 2024.

Program Kerja (Proker) tersebut merupakan Proker unggulan KKN Universitas Muhammadiyah yang menjadi persoalan urgent di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba.

“Kegiatan KKN Mahasiswa dan Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Bulukumba ini turut dihadiri dan disaksikan oleh beberapa masyarakat Desa Bukit Tinggi, semua Kepala Dusun di Desa Bukit Tinggi dan Staf Kantor Desa Bukit Tinggi,” kata Sekdes Bukit Tinggi via whatsapp.

Ditambahkan oleh Sekdes bahwa kegiatan ini menunjukkan kepedulian pemerintah daerah Kabupaten Bulukumba untuk masyarakat Desa Bukit Tinggi dalam kegiatan yang mengarah pada lingkungan yang bersih dan sehat.

“Mewakili Kepala Desa Bukit Tinggi, saya menyampaikan keluhan masyarakat terkait dengan limbah plastik yang sangat meresahkan,” kata Sekdes.

Ia juga menyampaikan harapannya terkait Proker KKN Desa Bukit Tinggi Universitas Muhammadiyah Bulukumba agar mampu membuka kesadaran masyarakat dalam hal menjaga lingkungan.

Dalam penyampaiannya, Koordinator Desa Bukit Tinggi berharap ada tindakan pengembangan terkait teknologi pengolahan limbah plastik menjadi bahan bakar minyak.

“Selain menyelesaikan persoalan sampah di Desa Bukit Tinggi, program kerja ini juga dapat membantu masyarakat dalam hal kesulitan memperoleh BBM yang saat ini terbilang mahal,” kata Ardi selaku Koordinator di Desa Bukit Tinggi.

Dijelaskan oleh Ardi bahwa Program Kerja yang menggunakan metode pirolisis dengan alat yang sederhana ini, mampu merubah limbah plastik menjadi bahan bakar minyak.

“Kegiatan ini diakhiri dengan uji coba pembakaran dari hasil teknologi pengolahan limbah plastik menjadi bahan bakar minyak,” kata Ardi.

JEJAK TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

JEJAK TERBARU

JEJAK TRANDING

JANGAN LEWATKAN

All