Minggu, Juli 14, 2024
spot_img

Kegiatan Rutin Jum’at Ibadah: WBP Lapas Narkotika Sungguminasa mendalami Makna Sabar

Sungguminasa, JKnews.id – Suasana khidmat dan penuh antusiasme melingkupi Masjid Al-Ikhsan Lapas Narkotika Sungguminasa pada Jumat pagi ini. Para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang beragama Islam berkumpul untuk mengikuti kegiatan rutin Jum’at Ibadah, sebuah program pembinaan kerohanian yang telah menjadi agenda rutin pada Lapas Narkotika Sungguminasa, Jum’at (14/06).

Pada Jum’at hari ini, kajian dibawakan oleh Ustadz Bambang Abu Ubaidillah dengan melanjutkan pembahasan Kitab Riyadusholihin bab tentang “Sabar”, Ustadz Bambang menyampaikan 3 (Tiga) tingkatan sabar dan pentingnya sabar sebagai cahaya dalam kehidupan.

“Adapun 3 tingkatan Sabar yaitu bersabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah, bersabar untuk tidak melakukan hal-hal yang diharamkan Allah, bersabar dalam menghadapi takdir-takdir Allah yang dialaminya, berupa berbagai hal yang menyakitkan dan gangguan yang timbul di luar kekuasaan manusia ataupun yang berasal dari orang lain”, terang Ustadz.

Beliau juga menguraikan bahwa sabar adalah cahaya yang berasal dari kata diya’ (cahaya yang ada panasnya) sehingga orang yang bersabar penuh dengan tekanan. Sabar penting untuk bekal kehidupan dalam yang akan menerangi jalan hidup seseorang. Selain itu, beliau juga membahas bahwa sabar bukan berarti kita diam terhadap kedzaliman terhadap diri kita atau keluarga kita, tetapi salah satu bentuk kesabaran yaitu sabar dalam melawan kedzaliman.

Para WBP tampak antusias mengikuti kajian dan bertanya kepada Ustadz. Diharapkan ilmu yang didapat dalam kajian ini dapat menjadi bekal berharga dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta menjadi pribadi yang lebih baik dalam kehidupan ini. Kegiatan Jum’at Ibadah ini merupakan bukti nyata dari upaya Lapas Narkotika Sungguminasa dalam memberikan perhatian dan pembinaan bagi para WBP, membantu mereka untuk kembali ke masyarakat dengan bekal spiritual yang kuat.

Lp : Wrw (PRMGI)

JEJAK TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

JEJAK TERBARU

JEJAK TRANDING

JANGAN LEWATKAN

All