Minggu, Juli 14, 2024
spot_img

Kasdam XIV/Hsn Tinjau TPS Sekaligus Bantu Penyandang Disabilitas Menuju Lokasi Pencoblosan

MAKASSAR | JEJAK KASUS NEWS.ID – Dalam rangkaian kegiatan peninjauan Forkopimda Provinsi Sulawesi Selatan di sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayah Kabupaten Gowa, ada pemandangan menarik. Kepedulian dan apresiasi Forkopimda terhadap para penyandang disabilitas, ditunjukkan dengan membantu warga untuk ke lokasi pencoblosan.

Seperti yang dilakukan Kasdam XIV/Hasanuddin Brigjen TNI M Syech Ismed, saat meninjau TPS 07 yang terletak di Kelurahan Pandang-pandang, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa, Rabu (14/2/2024).

Jenderal bintang satu ini didampingi Dandim 1409/Gowa Letkol Inf Muh Isnaeni Natsir dan Dan Unit Inteldim 1409/Gowa Letda Czi Naswar membantu langsung dengan mendorong kursi roda salah seorang penyandang disabilitas. Muh Yusuf Dg Maling, pria berusia 65 tahun ini merupakan warga Jalan Sultan Hasanuddin RT 01 RW 05. Meski mengalami kekurangan secara fisik, tapi tak menyurutkan antusiasnya untuk mendatangi TPS 07 Lingk. Pandang-pandang, Kelurahan Pandang-pandang, Kecamatan Somba opu, Kabupaten Gowa, guna menyalurkan hak suaranya.

Kasdam Brigjen TNI M Syech Ismed, hadir di Kabupaten Gowa mewakili Pangdam XIV/Hsn Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun dalam kegiatan peninjauan TPS bersama Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, Kapolda Sulsel Irjen Pol Andi Rian Ryacudu Djajadi, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan jajaran Forkopimda Gowa. Hadir juga Ketua Sulsel Hasbullah, Ketua Bawaslu Sulsel Mardiana Rusli, para penyelenggara Pemilu 2024 dan jajaran PJU Kodam Hasanuddin dan Polda Sulsel.

Di kesempatan itu, jajaran Forkopimda Sulsel dan Forkopimda Kabupaten Gowa mengapresiasi warga penyandang disabilitas yang antusias datang ke TPS. Adapun TPS yang dikunjungi yakni TPS 018 dan TPS 007 Kelurahan Pandang-pandang dan TPS 0007 Kelurahan Tombolo, Kecamatan Somba Opu.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, khusus di Somba Opu terdapat 393 TPS dengan jumlah DPT sebanyak 108.431pemilih. Dalam prosesnya pun para petugas TPS melakukan berbagai kreativitas agar pelaksanaan Pemilu berlangsung aman, baik dan berbeda. Misalnya, di TPS 007 Kelurahan Tombolo menggunakan baju adat.

“Saya sangat mengapresiasi teman-teman KPU dan Bawaslu yang telah mempersiapkan ini dengan baik dan masyarakat terlihat betul-betul menikmati fasilitas yang dimiliki. Termasuk pengaturan kertas suara yang cukup baik,” ungkapnya. Adnan juga mengaku optimis, bahwa pelaksanaan pemilu khususnya di Kabupaten Gowa akan berjalan sukses, lancar dan damai dengan tingkat partisipasi pemilih yang tinggi.

Sementara, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin mengatakan, dirinya bersama Forkopimda Sulsel melakukan pemantauan di beberapa TPS kabupaten/kota salah satunya di Kabupaten Gowa.

“Kami pemerintah senang karena melihat teman-teman Pemda semua mulai di Makassar, Maros dan saat ini di Gowa. Dukungan semua untuk kesuksesan pemilu itu luar biasa. Apalagi memang secara undang-undang Pemilu memerintahkan bahwa kita pemerintah dan Pemda itu wajib mendukung suksesnya pemilu,” ungkapnya.

Pada kesempatan, gubernur juga mengapresiasi antusiasme para petugas TPS dalam penyelenggaraan pemilu yang sangat baik, mulai dari pakaian adat yang digunakan hingga menyediakan coklat bagi pemilih pemula, sehingga masyarakat yang hadir memilih merasa gembira.

“Alhamdulillah sampai siang ini semua lancar dan bahkan kita lihat suasana gembira, penuh kekeluargaan, jadi peradaban kita sebagai orang bugis makassar justru kelihatan dengan pakaian adat, kemudian saling menyapa, dan ada menyediakan coklat karena valentine. Jadi kami sangat berterimakasih kepada tim dan pemerintah kabupaten/kota,” tambahnya.(*)

Lp ; Ops / Tim PRMGI

JEJAK TERKAIT

JEJAK TERBARU

JEJAK TRANDING

JANGAN LEWATKAN

All