Sabtu, Juli 20, 2024
spot_img

Kanwil Kemenkumham Sulsel Gelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah PPNS, MPD Notaris Kota Makassar dan Kab Gowa, dan Notaris Pengganti

Makassar | Jejak Kasus News.id – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Liberti SItinjak resmi melantik para pejabat yang masuk dalam Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), Majelis Pengawas Daerah (MPD) Notaris Kota Makassar dan Kabupaten Gowa, dan Notaris Pengganti. Pelantikan dilaksanakan di Aula Bhinneka Tunggal Ika Kanwil Kemenkumham Sulsel pada Rabu (30/08).

Para pejabat yang dilantik tersebut didasari oleh Surat Keputusan (SK) Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) No AHU-2,4,8.AH.09.01.TAHUN 2023 tentang pengangkatan PPNS Kemenkumham. Diantaranya Butu Bendo, Muhammad Ihsan, Kaharuddin, Muhammad Rusdi Amsir, Nursalam Said sebagai PPNS dalam lingkungan Kantor Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Sulsel. Jabal Nur Aris sebagai PPNS dalam lingkungan Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Palopo. Indra Agriawan sebagai PPNS dalam Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Sulsel.

Selain itu, ada juga para pejabat yang dilantik berdasarkan SK Kakanwil Liberti Sitinjak No: W23-262,263AH.03.02 TAHUN 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris Kota Makssar dan Kab Gowa. Para Pejabat dari Unsur Pemerintah yaitu Mohhamad Yani, Jean Henry Patu, dan Feny Feliana. Pejabat dari Unsur Akademisi yaitu Anwar Borahima, Nurfaidah Said, dan Fatmah Deliman. Pejabat dari Unsur Notaris yaitu Cita Marlika Parawansa, Mestiariani Habi, dan Andi Sengeng Salahudin. Para pejabat tersebut dilantik sebagai anggota MPD Notaris Kota Makassar Periode 2023-2026.

Juga ada Pejabat dari Unsur Pemerintah: Andi Haris, Ayusriadi, dan Andi Anisya Iksaniya. Pejabat dari Unsur Akademisi: Sri Susiyanti, Sakapati, dan Muhammad Marista Saputra. Pejabat dari Unsur Notaris: Supriyanto, Aksa Asrsyad, dan Irene Lijaja. Para pejabat tersebut dilantik sebagai anggota MPD Notaris Kabuapten Gowa Periode 2023-2026.

Kakanwil Liberti dalam sambutannya mengatakan para pejabat yang dilantik ini dilaksanakan dalam rangka melakukan pelayanan kepada masyarakat. “Hal ini sejalan dengan prinsip bahwa negara harus hadir di setiap sendi kehidupan masyarakat.” kata Liberti.

Khusus kepada jajaran PPNS yang dilantik, Liberti berpesan agar dalam mengemban tugasnya untuk benar-benar mengawal regulasi yang mengatur tatanan di bidang instansi masing-masing. Liberti juga mengingatkan jajaran PPNS harus berperan sebagai Pemersatu Bangsa dengan cara bersikap netral dan menjaga sikap agar tidak mencederai demokrasi sehubungan dengan memasuki tahun politik 2024.

“PPNS harus bisa memantau segala sesuatu yang berkaitan dengan Aparatur Sipil Negara (ASN). Saya harap PPNS bisa mengamankan regulasi-regulasi yang berkaitan dengan instansi/unit saudara bekerja.” tegas Liberti.

Liberti kemudian mengapresiasi kepada jajaran MPD Notaris bahwa jajaranya adalah orang-orang terdidik sehingga dalam menjalankan pelayanan pubiknya dapat membuat sebuah kepastian. Namun demikian, Liberti meminta jajaran MPD Noratis untuk menjalankan tugas sesuai dengan yang diucapkan dalam sumpahnya yaitu tertib, cermat, dan tidak memilhak.

“Para MPD Notaris yang dilantik hari ini adalah pegawai yang punya integritas dan terdidik. Saya tidak mau ada terjadinya manipulator keilmuan.” ujar Liberti.

Liberti mengakui bahwa pihaknya juga bertugas untuk mengayomi seluruh notaris. Untuk itu, Liberti meminta notaris yang dilantik ini untuk dapat menyelesaikan tugas tepat waktu tanpa harus menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Tidak lupa, Liberti berpesan kepada jajaran pengurus Ikatan Notaris Indonesia (INI) Sulsel untuk dapat menjaga sikap notarisnya agar tidak menimbulkan kehebohan di masyarakat yang berujung pada aksi viral di sosial media. “Jangan sampai viral hal-hal pelayanan publik yang menunjukan ketidakprofesionalan di mata masyarakat.” pinta Liberti.

Menjelang bulan September, Liberti meminta kerjasama seluruh pejabat yang dilantik hari ini agar bekerja secara profesional dengan tidak mencederai upaya-upaya yang dilakukan di Kanwil ini dalam rangka pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Birorkasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Terakhir, Liberti berpesan kepada Para Rohaniawan untuk mendoakan secara khusus agar pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah ini dapat menjadi petunjuk (Kompas) di dalam menjalankan tugas, pokok, dan fungsi Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Pelantikan dan pengambilan sumpah ini dihadiri oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadivyankum) HAM Hernadi, Para Pejabat Administrator dan Pengawas, Pimpinan dan Jajaran dari berbagai instansi yaitu Satuan Polisi Pamong Praja Sulsel, Satuan Pamong Praja Kota Palopo, Balai Pengelola Transportasi Darat Kelas II Sulsel, Jajaran Pengurus Daerah INI Kota Makassar, dan Jajaran Pengurus Daerah INI Kabupaten Gowa.

Lp ; Muh Rusdhy

JEJAK TERKAIT

JEJAK TERBARU

JEJAK TRANDING

JANGAN LEWATKAN

All