Selasa, Juni 25, 2024
spot_img

Diduga Tidak Mengantongi Izin Resmi, LAKIN Minta ARSO Soccer Ditutup!!!

MakassarJejakkasusnews.id
Fasilitas tempat berolahraga ARSO Soccer yang berada di Jalan Talasalapang, Kecamatan Rappocini, diduga kuat beroperasi tanpa izin yang terverifikasi oleh Pemerintah Kota Makassar dalam hal ini Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Makassar.

DPMPTSP ini adalah sektor yang memiliki kewenangan dalam hal perizinan usaha, termasuk izin tempat dan sarana olahraga seperti ARSO Soccer.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Lembaga Anti Korupsi Nasional (LAKIN) Ikhsan Mapparenta Dg Tika mengatakan bahwa pihaknya mengecam perilaku pengusaha yang tidak tertib administrasi.

“Kami menyayangkan apa yang dilakukan oleh ARSO Soccer itu adalah suatu pelanggaran. Mengapa demikian? Sebab izin usaha itukan penting di verifikasi oleh pemerintah setempat,” kata pria yang akrab disapa Dg Tika ini.

Dia menjelaskan bahwa bila Nomor Induk Berusaha atau (NIB) telah diterbitkan dari Kementerian melalui sistem Online Single Submission atau OSS, maka itu belum sempurna.
“Apalagi jika nama tempat usaha berbeda dengan yang tertera dalam dokumen usaha,” ujarnya saat ditemui awak media, Selasa, 14 Februari 2023.

“Belum utuh izin usaha yang dipegang jika hanya yang terbit dari OSS itu lalu dijadikan sebagai pegangan atau dasar untuk membuka usaha dan mengoperasikannya. Diperlukan juga verifikasi faktual secara lapangan oleh pemerintah dalam hal ini DPMPTSP setempat, jadi itu yang perlu dipahami,” jelasnya.

Sekjen LAKIN ini menduga ARSO Soccer berdiri tanpa izin. Bahkan, dia juga meminta agar pihak ARSO Soccer memperlihatkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB), Andalalin serta Izin Operasional Standar Lapangan Olahraga yang semestinya sesuai peruntukannya.

“Mewakili LAKIN, Ikhsan Mapparenta Dg Tika mendesak agar ARSO Soccer segera ditutup dan mendorong pemerintah kota Makassar melakukan upaya, termasuk memeriksa pajaknya ke negara,” kata Dg Tika.

Sekjen LAKIN ini menegaskan bahwa pemerintah tak boleh lengah dan kalah dengan pengusaha nakal yang suka tidak tertib aturan main dan administrasi.
“Satu permintaan kami, tutup ARSO Soccer!,” tegasnya.

*(Lp:Dika PRMGI).

JEJAK TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

JEJAK TERBARU

JEJAK TRANDING

JANGAN LEWATKAN

All