Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Diduga Edarkan Produk Kosmetik Ilegal, Jarak Celebes Desak APH Menangkap dan Mengadili Owner PT Aleena

JejakKasusNews.idMakassar. Jaringan Aktivis Celebes (JARAK CELEBES) menggelar aksi unjuk rasa terkait maraknya peredaran kosmetik ilegal.

Aksi sekumpulan pemuda yang tergabung dalam Jarak Celebes tersebut berlangsung didepan Mapolda Sulsel di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Kamis (19/4/24).

Copel selaku Jendlap, mempertanyakan kinerja Aparat Penegak Hukum (APH) dalam hal ini Aparat Kepolisian Polda Sulsel dengan maraknya peredaran kosmetik ilegal diwilayah hukum Sulawesi Selatan yang diproduksi harusnya memiliki legalitas dari lembaga pemerintah, sebut saja BPOM.

Lanjut Copel mengatakan bahwa pelaku usaha hari ini (Owner PT Aleena Body Lotions) sepertinya kebal hukum dan tidak taat akan aturan.

“Seperti yang diperlihatkan salah satu produsen kosmetik PT Aleena Body Lotion dimana kuat dugaan kami tidak memiliki legalitas dari BPOM dan teranang-terangan melanggar Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen,” tegas Copel.

Hal senada disampaikan Rahul selaku Koordinator Aksi yang menyampaikan: “Kendati kehadiran pemuda dan mahasiswa hari ini sebagai bentuk control terhadap penegakan supremasi hukum di wilayah Provinsi Sulawesi Selatan, kami selaku pemuda sangat prihatin atas penegakan peraturan perundangan-undangan yang kian hari makin dilemahkan”.

“Khususnya penerapan UU No 36 Tahun 2009 Tentang kesehatan dan UU No 8 Tahun 1999 Tentang perlindungan konsumen,” kata Rahul.

“Jelas dalam Undang-Undang tersebut pada pasal 197 mengatakan bahwa memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi atau alat kesehatan yang tidak memiliki perizinan berusaha akan diberikan sanksi dengan acaman pidana penjara paling lama 15 tahun dan denda paling banyak Rp.1 Miliar,” tegas Rahul.

“Oleh karena itu, kami akan terus mengawal sampai Owner Aleena Lotion di adili sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Rahul.

Copel yang dihubungi setelah aksi mengatakan bahwa adapun tuntuan JARAK CELEBES, yakni tindak tegas pelaku usaha nakal.

1. Mendesak Kapolda Sulawesi Selatan agar segera memeriksa dan memanggil Owner Kosmetik Aleena Lotion karena kuat dugan kami Owner Aleena Lotions telah melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. Mendesak Kepala BPOM Wilayah Sulawesi Selatan untuk melakukan penyitaan produk kosmetik Aleena Lotion karena kuat dugaan kami produk tersebut ilegal.

JEJAK TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

JEJAK TERBARU

JEJAK TRANDING

JANGAN LEWATKAN

All