Sabtu, Juli 20, 2024
spot_img

Cegah bencana, Pemkab Takalar bangun Bronjong di Polongbangkeng Selatan

Takalar | JEJAK KASUS NEWS.ID —, Pemerintah terus berupaya agar masyarakat takalar dapat hidup lebih baik dan membuat kehidupan sehari-hari lebih tenang serta terhindar dari resiko bencana seperti banjir.

Hal itu dikemukakan Pj. Bupati Takalar Dr. Setiawan Aswad,. M.Dev,.Plg pada Peletakan Batu Pertama Pembangunan Bronjong di Desa Cakura dan Lingkungan Pangkarode Kelurahan Pa’tene Kec. Polongbangkeng Selatan, Jum’at 2 Februari 2024.

Pj. Bupati Takalar dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagian masyarakat didesa ini hidup berdekatan dengan sungai yang tentu memiliki resiko karena ketika musim hujan tiba, air sungai akan meluap kerumah-rumah warga.

“Kita harus selalu melakukan adaptasi dan mitigasi bencana, dengan pembangunan bronjong dan menanam benteng-benteng alam seperti pohon dibantaran sungai agar akar pohon dapat menguatkan struktur tanah sehingga tidak tergerus oleh air sungai” jelasnya.

Dr. Setiawan berharap dengan dibangunnya bronjong atau penahan tanah dipinggir sungai dapat melindungi dan memperkuat struktur tanah disekitar tebing, tepi sungai dan tepi tanggul agar tidak terjadi longsor sehingga masyarakat dapat terhindar dari bahaya bencana. Dan saya juga harap agar sarana dan prasarana ini dapat dijaga dan dirawat agar bertahan lama.

Kepala BPBD Takalar Nuriksan Nurdin, SE. M.Si dalam laporannya mengatakan bahwa kita mulai mengusulkan pembangunan bronjong ini tahun lalu dan kita mengusulkan enam titik namun baru tiga titik yang terealisasi yaitu di Desa Cakura, Kelurahan Patte’ne lingkungan pangkarode dan satu titik dikec. Mappakasunggu dan semoga tiga desa lainnya juga segera menyusul.

“Pembangunan tanggul ini untuk melindungi masyarakat takalar yang tinggal disekitar pinggir sungai agar merasa aman dan tidak kebanjiran lagi, semoga masyarakat dapat merasakan manfaatnya dan bisa hidup tenang” ujarnya.

Sementara itu Camat Polongbangkeng Selatan Syarif H, SE.M.AP menjelaskan bahwa secara geografis kecamatan polsel terdiri dari dataran tinggi dan dataran rendah dimana seluruh desa dan kelurahan yang ada dipolsel dialiri oleh sungai dan sebagian masyarakatnya tinggal dibantaran sungai.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah atas perhatiannya kepada masyarakat, semoga kedepan pembangunan ini dapat terus berlanjut sehingga daerah kita terhindar dari bencana.

Usai kegiatan tersebut, Pj. Bupati Takalar menyerahkan sembako kepada lansia secara simbolis di masjid Nurul Mu’minin Dusun pangkaje’ne Desa Cakura setelah melaksanakan Shalat Jum’at secara berjamaah.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua DPRD Takalar, Wakapolres, Perwakilan , Dandim, Kabag Prokopim, Lurah dan Kades se- Kec. Polsel, tokoh Masyarakat dan Masyarakat warga Desa Cakura dan Lingkungan Pangkarode Kec. Polsel.(hms)

JEJAK TERKAIT

JEJAK TERBARU

JEJAK TRANDING

JANGAN LEWATKAN

All