Sabtu, Juni 22, 2024
spot_img

Bersama Polres Sinjai, Kodim 1424 Turun Tangan Membantu Penanaman Mangrove Nasional

Jejakkasusnews.id – Sinjai. Terlihat Kodim 1424 Sinjai ikut melibatkan diri membantu melakukan penanaman Mangrove Nasional bersama Polres Sinjai, di Dusun Batang, Desa Bua, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai. Senin sore, (15/05/2023).

Penanaman Mangrove Nasional secara serentak di seluruh Indonesia dan untuk di Kabupaten Sinjai dihadiri oleh Kapolres Sinjai Akbp Rachmat Sumekar, S.Ik.,M.Si, Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Sumardi, SE.,M.Si, unsur Forkopimda atau yang mewakili, pejabat utama Polres Sinjai, perwira TNI Kodim 1424 Sinjai dan undangan lainnya.

Dalam kegiatan penanaman bibit mangrove oleh seluruh tamu dan undangan di tempat-tempat yang disediakan oleh penyelenggara.

Diketahui bahwa, Program penanaman mangrove nasional dilakukan secara serentak di seluruh indonesia, dan ini bertujuan agar laut menjadi subur dan terhindar dari abrasi.

Melalui Dandim 1424 Sinjai Letkol Inf. Sumardi dalam tanggapannya mengatakan bahwa kegiatan penanaman mangrove ini sejumlah 20 ribu tahap pertama, dilanjutkan 1000 batang pada hari ini bekerja sama dengan DLHK Provinsi Sulawesi-Selatan, UPT KPH Tangka sejak awal tahun 2023.

“Hal tersebut sebagai wujud kepedulian Kodim 1424/Sinjai terhadap kesulitan masyarakat dalam menghadapi masalah Abrasi di pesisir Pantai di wilayah Kabupaten Sinjai,” kata Dandim.

Ditambahkannya bahwa dengan harapan agar semua komponen bangsa yang telah melaksanakan penanaman hari ini mau memelihara mangrove yang sudah ditanam guna menjaga wilayah daratan dari Abrasi, dan Mangrove akan menghasilkan oksigen yang sangat dibutuhkan dalam pernafasan dan menjaga keseimbangan ekosistem di wilayah pantai, dan juga menjadi salah satu faktor pendorong keberhasilan budidaya rumput laut di wilayah Kabupaten Sinjai.

Sementara itu, Kapolres Sinjai Akbp Rachmat Sumekar, S.Ik., M.Si turut mengatakan bahwa kegiatan penanaman pohon mangrove nasional penghijauan ini sebagai upaya untuk mencegah abrasi serta kerusakan di sekitar pesisir pantai serta menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Untuk itu, pihaknya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat di wilayah Kabupaten Sinjai untuk bersinergi melestarikan tanaman mangrove sebagai bentuk kepedulian dengan lingkungan.

“Penanaman tanaman mangrove yang bertujuan mencegah abrasi, mengurangi emisi karbon dan menjaga ekosistem yang berada di pesisir pantai,” jelasnya.

“Dalam mendukung program ini, Polres Sinjai melaksanakan kegiatan penanaman mangrove bersama sama dengan TNI Kodim 1424 Sinjai di Desa Bua, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai,” tambahnya.

Penanaman pohon mangrove ini sangat bermanfaat untuk menjaga ekosistem di pesisir pantai juga melindungi masyarakat daerah pesisir ini dari abrasi,” ungkap Kapolres Sinjai.(*Abas)

JEJAK TERKAIT

JEJAK TERBARU

JEJAK TRANDING

JANGAN LEWATKAN

All