Minggu, Mei 19, 2024
spot_img

Begini Proses Motor Sitaan di Rupbasan Kelas 1 Makassar Dikeluarkan Tanpa Dokumen, Terekam CCTV

Makassar/JEJAK KASUS NEWS.ID- Rumah Barang Sitaan (Rupbasan) Klas 1 Makassar jadi sorotan. Itu setelah beredar kabar, motor sitaan dan barang bukti yang dititipkan Polrestabes Makassar diduga dijual secara ilegal.

Tak tanggung-tanggung, Kepala Rupbasan Klas 1 Makassar, Arifuddin diduga terlibat dalam penjualan ratusan motor itu. Salah satu sumber di Kutip Fajar.co.id di lingkup Kanwil Kemenkumham mengatakan pengeluaran motor itu untuk dijual sudah dilakukan beberapa kali.

Dia bahkan menyebut proses pengeluaran puluhan motor dilakukan terakhir kali pada 1 Oktober lalu. Sebelumnya pada 25 September juga,”Jadi proses pengangkutan motor itu dilakukan saat malam hari pakai truk. Sudah ratusan mungkin yang dikeluarkan tanpa dokumen,” kata sumber Fajar.co.id, Selasa (18/10/2022).

Dari rekaman CCTV yang didapatkan Fajar.co.id, terlihat satu unit mobil truk jungkit warna putih masuk ke dalam Rupbasan sore hari di tanggal 1 Oktober 2022 (sesuai data rekaman CCTV).

Di rekaman, juga terlihat petugas yang memberikan izin kepada truk untuk masuk ke dalam tempat penyimpanan motor. Truk itu diduga dipakai untuk memuat motor sitaan yang diduga akan dijual.

Kakanwil Kemenkumham Liberti Sitinjak saat dikonfirmasi Fajar.co.id membenarkan pemeriksaan terhadap Kepala Rupbasan atas dugaan penjualan motor sitaan tersebut,”Yah masih dalam proses pemeriksaan, itu sedang ada pemeriksaan,” ujarnya pada Selasa (18/10/2022).

Liberti mengaku belum bisa memberikan keterangan lebih banyak. Hal itu dikarenakan masih dalam tahap pemeriksaan. Dia tidak ingin terburu-buru dalam memberikan pernyataan, “Saya belum bisa membuat statemen dulu. Tunggu selesai dulu pemeriksaannya. Jadi tidak buru-buru memberikan info pernyataannya,” lanjutnya.

Terkait siapa saja yang diperiksa, Liberti mengatakan, semua yang berkaitan akan diperiksa. Tergantung tim pemeriksanya,”Yah komprehensif lah yang diperiksa, mana yang berkaitan. Tergantung dari tim pemeriksanya nanti. Kan setelah diurut, pemeriksaannya dari ini ke sini, arahnya ke mana,” tandasnya.

Meskipun belum bisa memberikan info lebih rincinya terkait pemeriksaan. Namun Liberti membenarkan adanya pemeriksaan(Red).

Laporan : Media Group Poros Rakyat.

JEJAK TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

JEJAK TERBARU

JEJAK TRANDING

JANGAN LEWATKAN

All