Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Antisipasi Penularan TB, Lapas Takalar Teken PKS dengan Puskesmas Pattallassang

Takalar | JKnews.id – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Takalar melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) terkait pelayanan pengobatan Tuberkulosis dengan strategi DOTS (Directly Observed Treatment Short-course) dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pattallassang, Sabtu (02/03/2024)

Kepala Lapas Takalar, Ashari, mengatakan jika penandatangan PKS ini sangat membantu dalam pencegahan dan penanganan penyakit TB di dalam Lapas.

“TB ini merupakan penyakit yang sangat mudah penularannya, sehingga harus ada penanganan tepat. Melalui kerja sama ini kita harapkan ada pencegahan dan penanganan segera jika ada warga binaan yang terkena,” kata Ashari.

“Terima kasih kepada Puskesmas Pattallassang atas kerja sama ini. Melalui kerja sama ini, kualitas kesehatan warga binaan bisa tetap terjaga,” tambah Ashari.

Kesempatan lain, Petugas Penanggung Jawab Jejaring dan Jaringan Puskesmas Pattallassang, Murti Faradilla, mengatakan jika kegiatan kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan warga binaan di Lapas Takalar.

“Strategi DOTS adalah strategi penyembuhan TB dengan obat jangka pendek, disertai pengawasan terhadap penderita, agar menelan obat secara teratur hingga sembuh. Melalui kerja sama ini, diharapkan dapat meningkatkan derajat kesehatan warga binaan dan mewujudkan masyarakat bebas dari penyakit menular seperti TBC,” pungkas Murti.

Lp : Wrw (PRMGI)

JEJAK TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

JEJAK TERBARU

JEJAK TRANDING

JANGAN LEWATKAN

All